Teknologi microwave transmission saat ini banyak digunakan dalam sebuah sistem telekomunikasi. Teknologi ini dipakai untuk memperlancar proses transfer sinyal informasi. Transfer dilakukan dari BTS atau Base Transceiver Station ke BSC atau Base System Control

Jaringan radio microwave ini dianggap memiliki banyak kelebihan. Teknologi ini juga membuat jaringan telekomunikasi jadi lancar di era digital seperti sekarang. Mari cari tahu lebih banyak lagi mengenai teknologi ini dan apa saja sebenarnya kelebihan yang dimilikinya. 

Apa Itu Microwave Transmission?

Ini merupakan sebuah bentuk teknologi yang memakai gelombang radio mikro. Transmisi ini akan mengirimkan sinyal informasi dari BTS menuju BSC. Dalam proses transfer tersebut, teknologi ini memakai media transmisi udara dan akan menerima sinyal lewat antena parabola. 

Perlu diketahui bahwa teknologi ini merupakan salah satu jenis transmisi yang banyak digunakan dalam telekomunikasi. Ada beberapa jenis transmisi yang juga dipakai dalam telekomunikasi hingga bisa bekerja dengan lancar dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Misalnya saja seperti kabel optik, satelit, kabel laut, juga infra merah. 

Membahas tentang apa itu microwave transmission, kita perlu tahu bahwa Radio microwave ini memiliki peran yang sangat penting dalam dunia telekomunikasi. Ia menjadi salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan saat ini.

Itulah mengapa sistem transmisi yang tepat sangat dibutuhkan agar fasilitas telekomunikasi bisa dinikmati oleh siapa saja. 

Radio microwave saat ini berperan sebagai sarana transmisi sinyal dan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan banyak pengguna lainnya. Sistem transmisi radio microwave ini sekarang sudah banyak sekali digunakan di perusahan-perusahaan tanah air. 

Pengguna sistem transmisi radio microwave bisa menikmati aktivitas komunikasi yang lancar. Hal ini pula yang membuat banyak instansi memilih untuk menerapkan transmisi tersebut demi kelancaran pekerjaan. 

Kelebihan Microwave Transmission Network

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dari sistem transmisi ini? Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh transmisi microwave kepada kita sebagai pengguna. 

  • Biaya Instalasi Terjangkau

Pemasangan atau instalasi transmisi microwave ini membutuhkan biaya yang sangat terjangkau. Tidak heran jika transmisi ini banyak digunakan oleh instansi-instansi di Indonesia. Selain fungsinya bisa berjalan optimal, kita tidak perlu mengeluarkan biaya atau anggaran yang besar. 

  • Pemasangan Mudah

Selain biaya instalasi atau pemasangan terbilang terjangkau, prosesnya juga relatif mudah. Tentu hal ini juga akan sangat menguntungkan karena bisa membuat proses pemasangan lebih efektif dan hemat waktu. 

  • Jangkauan Area Luas

Transmisi microwave juga memiliki area jangkauan yang sangat luas. Hal ini memungkinkan sistem transmisi tersebut untuk bekerja secara optimal. Jangkauan komunikasi juga jadi lebih luas dan sistemnya berjalan lancar.

  • Kecepatan Tinggi

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sistem transmisi microwave ini adalah kecepatannya terbilang tinggi. Sistem ini bisa melakukan transmisi data secara cepat sehingga kerjanya sangat efisien. Bahkan transfer data dalam kapasitas yang besar sekalipun bisa berjalan dengan cepat. 

Kekurangan Microwave Transmission

Semua bentuk teknologi pasti memiliki sisi lebih dan kurang. Begitu juga dengan sistem transmisi microwave ini. Meskipun memiliki banyak kelebihan, sistem ini juga tetap memiliki kekurangan. 

Salah satu kekurangannya adalah rentan mengalami gangguan atau error. Sebenarnya hal ini sangat mungkin terjadi pada berbagai jenis teknologi. Sistem transmisi apapun juga bisa saja mengalami gangguan dan tentu saja ada beragam solusi yang bisa diambil. 

Apabila terjadi gangguan, maka transmisi sinyal berupa pesan, panggilan, maupun gambar akan gagal. Artinya pengiriman sinyal untuk menelepon atau mengirim pesan tidak akan bisa berhasil. Dalam kondisi seperti ini maka komunikasi tidak akan bisa berjalan. 

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan ini? Tentunya kita harus memastikan bahwa microwave transmission network ini bekerja dengan baik supaya pengiriman sinyal berjalan lancar. 

Penting sekali bagi kita untuk memastikan bahwa kualitas sinyal sudah memenuhi standar. Dalam hal ini ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Tentunya harus ada perencanaan power link budget agar stabilitas sinyal benar-benar terjaga dengan baik. 

Selain itu pemeliharaan dan peningkatan performa transmisi juga harus dilakukan. Tujuannya agar telekomunikasi bisa berjalan lancar karena tidak ada lagi gangguan sinyal. Jika dilakukan dengan cara yang tepat maka sistem transmisi microwave ini akan bekerja efektif memenuhi kebutuhan telekomunikasi. 

Kita bisa belajar lebih banyak lagi mengenai sistem transmisi microwave ini agar dapat menggunakannya secara optimal. Bekal wawasan yang memadai mengenai teknis pemakaian transmisi ini akan meminimalisir munculnya gangguan. Artinya kita bisa menggunakan sistem tersebut dengan lancar dan komunikasi berjalan baik. 

Saat ini kita bisa mempelajari teori tersebut bersama PasarTrainer. Teori mengenai sistem Microwave Transmission bisa dipelajari dengan lengkap bersama para ahli. Melalui pelatihan telekomunikasi ini kita bisa mengoptimalkan pemakaian dan pemeliharaan sistem transmisi agar komunikasi berjalan lancar minim gangguan.


Referensi

edutechsolution.co.id - Segala yang Perlu Anda Ketahui Tentang Transmisi Radio Microwave


www.nexcom.co.id - Microwave Link


www.pulpen.net - Microwave Link: 10 Kelebihan dan Kekurangan