Sebagai pemilik perusahaan, kita perlu memahami apa itu pengertian ISO jika menginginkan stabilitas jangka panjang. Sebab, ISO memastikan kualitas layanan dan produk bisnis selalu terjaga dengan konsisten melalui standar yang berlaku. 

Saat ini, terdapat berbagai jenis ISO dengan manfaat khususnya masing-masing. Salah satu contohnya adalah ISO 9000 yang memiliki manfaat sebagai sistem manajemen mutu bisnis. Untuk mengetahui jenis ISO beserta manfaatnya lebih lengkap, mari kita ikuti informasi berikut hingga akhir!

Arti ISO

ISO merupakan singkatan untuk International Organization for Standardization. ISO berbentuk sebuah badan yang berperan menetapkan standar internasional. Badan ini berdiri pada tahun 1947, tepatnya di Jenewa, Swiss. 

Pembentukan ISO semula diperuntukkan agar dapat memaksimalkan perdagangan internasional, khususnya yang berhubungan pada pertukaran barang serta jasa. Melalui ISO, dunia berkoordinasi mengenai standar kerja, pemakaian, hingga publikasi berbagai industri dalam skala internasional. 

Setiap badan standardisasi dari masing-masing negara anggota ISO memiliki tanggung jawab dalam peningkatan standar untuk jasa, produk, serta sistem perusahaan. Selain menjadi penentu kualitas, manfaat ISO untuk perusahaan adalah efisiensi serta perlindungan.

Jenis-Jenis ISO

Terdapat banyak jenis ISO yang tersedia untuk kita terapkan pada perusahaan. Berikut adalah daftar dan penjelasannya:

  • ISO 9000

Standar pertama adalah ISO 9000 yang paling umum kita temui pada berbagai perusahaan. Sistem manajemen mutu ini bertujuan meningkatkan efektivitas pengelolaan mutu pada perusahaan. 

Bila lulus audit serta bersertifikasi ISO 9000, maka perusahaan kita berhak menggunakan label seperti misalnya “ISO 9001 Registered” dan “ISO 9001 Certified”. 

ISO 9000 meliputi ISO 9001 hingga ISO 9004. Sertifikasi hanya pada salah satu jenisnya tidak menjadi jaminan bahwa kualitas jasa maupun barang yang perusahaan hasilkan menjadi yang terbaik. Jadi, 

  • ISO 14000

Berikutnya, kita bisa menerapkan ISO 14000 bila menginginkan pengelolaan lingkungan yang lebih efektif dalam perusahaan. ISO ini berisi seperangkat standar yang berlaku secara internasional, sehingga baik perusahaan lokal maupun global. 

Adapun perumusan berbagai standar dalam ISO 14000 merupakan upaya kontribusi atas kesepakatan dalam KTT Bumi Rio de Janeiro 1992 tentang Pembangunan Berkelanjutan. 

  • ISO 27001

Untuk menjamin keamanan informasi perusahaan, terdapat ISO 27001 yang mengatur standar sistemnya. Versi terkini dari ISO 27001 diterbitkan 2013 lalu. 

Pada ISO 27001, kita bisa mengacu pada sistem manajemen di dalamnya. Jadi, keamanan informasi perusahaan berlandaskan persyaratan khusus serta kontrol dari manajemen tersebut. 

  • ISO 45001

Jenis-jenis ISO selanjutnya adalah ISO 45001. Melalui penerapan ISO ini, perusahaan memiliki sistem yang disebut SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja). 

Semua tenaga kerja pun terlindung dari risiko K3 tersebut jika ISO 45001 berlaku di perusahaan. Kita yang mengelola perusahaan di industri seperti konstruksi hingga pertambangan perlu ISO 45001 mengingat kondisi lingkungan kerja yang rentan kecelakaan.

  • ISO 22000

Bagi perusahaan yang industrinya berperan langsung maupun tidak langsung pada rantai makanan, sebaiknya menerapkan ISO 22000 dalam operasionalnya. ISO ini merujuk kepada sistem manajemen untuk keamanan pangan. 

Kita bisa meningkatkan keamanan layanan dan produk melalui penerapan, perencanaan, pemeliharaan, pengoperasian, hingga pembaruan pada sistem keamanan untuk manajemen pangan.

Manfaat ISO Sesuai Jenisnya

Lalu, apa saja manfaat masing-masing ISO tersebut untuk perusahaan? Berikut adalah jawabannya:

  • Manfaat ISO 9000

ISO 9000 bisa membantu perusahaan konsisten memenuhi kebutuhan pelanggan melalui pemeliharaan kualitas dan pencapaian standar mutu. Hasilnya, kepuasan pelanggan meningkat sehingga perusahaan mampu lebih unggul secara global.

  • Manfaat ISO 14000

Berikutnya, ISO 14000 akan membantu perusahaan mengelola sumber daya secara bertanggung jawab dan bijak, sehingga bisa mewujudkan efisiensi lingkungan. Pencemaran terhadap lingkungan pun bisa diminimalkan. 

Ini menjadi nilai tambah bagi pelanggan, sebab kita bisa menjamin bahwa perusahaan berupaya melindungi lingkungan melalui manajemen yang terstruktur.

  • Manfaat ISO 27001

Manfaat ISO sesuai jenisnya yang satu ini krusial bagi perusahaan dalam industri teknologi karena melibatkan data pelanggan. 

Bila menerapkan ISO 27001, maka perusahaan memberi rasa aman pada pelanggan atas kepatuhannya pada syarat dan aturan hukum terkait privasi dan perlindungan data. Perusahaan juga mampu menilai risiko secara komprehensif agar terlindung dari ancaman keamanan data.

  • Manfaat ISO 45001

Perusahaan yang menerapkan ISO 45001 akan memiliki sistem yang efektif untuk identifikasi serta penanganan berbagai risiko K3. Lingkungan kerja pun lebih aman, sehingga kinerja serta kesejahteraan pegawai perusahaan turut meningkat.

  • Manfaat ISO 22000

Penerapan ISO 22000 akan menjamin produk perusahaan diproduksi serta didistribusikan sesuai sistem keamanan pangan yang terstruktur dan terkendali. Perusahaan juga bisa mematuhi syarat dan aturan perundang-undangan serta memenuhi kepuasan pelanggan.

Setelah memahami pengertian ISO serta jenis dan manfaatnya, kini saatnya kita melakukan proses yang tepat untuk menerapkannya dalam perusahaan. Kita bisa mengawalinya dengan mengikuti Pelatihan ISO Terlengkap dari PasarTrainer. 

Berbagai jenis ISO, mulai dari ISO 45001 hingga ISO 22000 tersedia di PasarTrainer. Jadi, kita bisa menyesuaikan dengan prioritas perusahaan. Bila perusahaan ingin menerapkan sistem manajemen K3 yang efektif, maka ikuti pelatihan tentang Standard and Implementation of ISO 45001. Kunjungi PasarTrainer dan temukan pelatihan ISO paling ideal untuk perusahaan!


Referensi

finance.detik.com - Mengenal Apa Itu ISO Manfaat dan Berbagai Macam Jenisnya


icicert.com - Apa Itu ISO Pengertian Jenis dan Manfaatnya


mutuinstitute.com - Tujuan ISO 9000


www.universaleco.id - ISO 14000 Environmental Management


mutucertification.com - Penerapan Manfaat ISO 45001


www.sucofindo.co.id - ISO 27001


msecb-apac.com - Pengertian dan Tujuan ISO 22000