Manajer sumber daya manusia bertanggung jawab atas urusan karyawan dalam suatu organisasi. Semakin banyak karyawan diperhatikan, semakin besar kemungkinan kinerja mereka meningkat. Dengan ini, sangat penting untuk menyusun topik pelatihan sumber daya manusia yang akan membantu pengembangan karyawan selama mereka tinggal di perusahaan. Berikut ini merupakan 12 materi pelatihan sumber daya manusia yang dapat diterapkan oleh manajer sumber daya manusia:

Cek Disini Berbagai Macam Pelatihan SDM Terlengkap!

1. Topik Orientasi

Orientasi karyawan yang efektif adalah kunci bagi karyawan baru untuk memulai awal yang kuat di tempat kerja baru mereka. Ini memungkinkan karyawan untuk memahami tugas dan tanggung jawab mereka dengan lebih baik, serta mematuhi topik dan aturan bisnis, sehingga memudahkan mereka untuk beralih ke peran baru mereka. Dalam jangka panjang, awal yang baik akan mengarah pada peningkatan kinerja, yang bermanfaat bagi karyawan dan organisasi. Topik pelatihan sumber daya manusia ini sangat penting untuk karyawan baru sehingga sangat disarankan untuk memasukkan mereka ke topik orientasi yang tepat, seperti peraturan keselamatan OSHA (The Occupational Safety and Health Administration), untuk menghindari kebingungan dan penundaan di tengah pekerjaan.

2. Solusi Teknologi Terkait

Di era digital ini, perusahaan mengadopsi penggunaan solusi teknologi terkait untuk merampingkan proses di berbagai departemen, baik di SDM, penjualan, pemasaran, keuangan, dan lainnya. Meskipun sangat membantu dan ideal untuk menggunakan perangkat lunak inovatif guna mempermudah karyawan, ini bisa menjadi kontraproduktif jika mereka tidak berorientasi dengan benar. Oleh karena itu, pembahasan tentang solusi teknologi terkait akan menjadi topik pelatihan sumber daya manusia yang bagus untuk mengedukasi tim perusahaan tentang cara menggunakan solusi dan begitu mereka terbiasa dengannya, peningkatan produktivitas kerja akan mengikuti.

3. Seminar Kerja Sama

Karyawan biasanya diatur dalam tim yang menjalankan fungsi berbeda di sebagian besar bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi karyawan untuk mengembangkan hubungan positif dengan rekan kerja mereka untuk melakukan yang terbaik dan menjaga agar operasi bisnis tetap berjalan dengan lancar. Untuk membantu tim berfungsi lebih baik bersama, karyawan harus dapat mengidentifikasi rekan satu sama lain dan memiliki tujuan bersama. Latihan membangun tim atau program pelatihan sumber daya manusia sangat disarankan untuk mengembangkan persahabatan dan membangun koneksi yang baik, yang akan mencerminkan baik di dalam maupun di luar tempat kerja.

4. Topik SDM Budaya Perusahaan

Saat karyawan masuk, penting untuk mengkomunikasikan tujuan organisasi dan memperkenalkan topik budaya perusahaan untuk membantu mereka menjadi bagian dari tim secara fleksibel. Dengan topik pelatihan karyawan SDM ini akan membuka pikiran mereka terhadap nilai-nilai perusahaan dan membantu mereka berasimilasi dengan perilaku yang diterima dan interaksi sehari-hari dalam organisasi.

5. Pelatihan Kepatuhan

Untuk melindungi hak-hak karyawan yang bekerja di suatu organisasi, ada banyak persyaratan kepatuhan yang harus diperhatikan oleh petugas kepatuhan SDM untuk memastikan praktik terbaik diterapkan di perusahaan mereka. Undang-undang dan peraturan ini mencakup kesempatan kerja yang setara, keragaman di tempat kerja, diskriminasi, dan banyak lagi. Untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi persyaratan dan kebijakan negara, pengawas kepatuhan SDM harus menjalani pelatihan kepatuhan SDM atau kursus kepatuhan OSHA untuk menyegarkan pengetahuan kerja mereka dan menghindari tuntutan hukum dan keluhan. Manajer kepatuhan juga akan dapat merencanakan secara strategis bagaimana mengimplementasikan kebijakan perusahaan yang bermanfaat bagi karyawan.

6. Daftar Etika Kerja

Memiliki daftar etika kerja yang baik dan cocok dengan sesama karyawan merupakan keuntungan besar karena kurang lebih menggambarkan ketekunan seseorang dalam bekerja. Baik itu sikap, keterampilan berorganisasi, keandalan, produktivitas, atau rasa tanggung jawab – semua itu menentukan seberapa efektif seorang karyawan dapat bekerja dengan orang lain dan seberapa baik kinerja karyawan di masa depan.

7. Manajemen Waktu

Tidak mengherankan jika manajemen waktu yang tepat sangat penting untuk efisiensi karena semuanya dirancang untuk memenuhi tenggat waktu. Begitulah cara para ahli memanfaatkan waktu dan sumber daya mereka untuk mencapai hasil terbaik. Setiap kali menyangkut pekerjaan dan produktivitas, setiap orang beroperasi secara berbeda, dan tidak ada solusi yang cocok untuk semua. Melalui topik pelatihan sumber daya manusia seperti manajemen waktu akan membantu karyawan di perusahaan mengidentifikasi teknik mana yang paling efektif untuk mereka. Sehingga dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, diharapkan dapat menunjang produktivitas dan kinerja melalui pendekatan yang paling cocok bagi mereka.

8. Topik SDM Keselamatan Kerja

Perusahaan harus mematuhi persyaratan peraturan keselamatan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja, terutama untuk pekerjaan yang menuntut penanganan manual dan kerja fisik. Untuk memberikan keselamatan dan keselamatan kerja di tempat kerja, petugas kepatuhan SDM harus memasukkan pelatihan yang membahas topik pelatihan sumber daya manusia tentang keselamatan tempat kerja untuk mengajari karyawan segala hal yang perlu mereka ketahui tentang prosedur keselamatan. Bahaya, cedera, dan kematian di tempat kerja harus dihindari dengan cara apa pun, baik demi kesehatan karyawan maupun untuk menghindari konsekuensi hukum.

9. Keseimbangan Kehidupan-Kerja

Kesehatan mental di tempat kerja merupakan masalah signifikan yang seringkali tidak dianggap serius. Tidak semua orang mengatasi masalah dengan cara yang sama seperti orang lain, dan kita semua memiliki batasan sendiri untuk keterlibatan karyawan. Beberapa karyawan tidak dapat mengatur waktu mereka secara efektif dan membagi kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka, yang mengakibatkan kelelahan dan penurunan kesehatan mental.

10. Topik Inklusi dan Keanekaragaman

Semakin banyak bisnis menjadi global, karyawan bekerja dengan individu dari berbagai negara dan latar belakang. Sangat penting untuk membangun budaya saling menghormati di tempat kerja yang beragam untuk mendorong lingkungan kerja yang sehat dan aman. Dalam jangka panjang, topik pelatihan sumber daya manusia tentang keragaman dan kesadaran budaya akan menguntungkan perusahaan karena akan mengurangi perputaran karyawan, konflik di tempat kerja, dan pelecehan. Ini akan membuat semua orang menghargai setiap karyawan tanpa memandang ras dan latar belakang.

11. Anti Pelecehan

Pengusaha harus memberikan instruksi kepada karyawan tentang cara melaporkan dan campur tangan dalam insiden pelecehan di tempat kerja (dan kepada siapa). Selain itu, mereka harus diberi tahu tentang kebijakan anti-pelecehan perusahaan sehingga mereka dapat meminta pertanggungjawaban mereka yang memegang kekuasaan jika terjadi kesalahan. Salah satu metode untuk menumbuhkan kepercayaan antara staf dan manajemen adalah dengan menunjukkan bahwa prinsip ditegakkan dan aturan berlaku untuk semua secara setara.

12. Penyalahgunaan Zat

Dengan memberitahu karyawan dan manajer tentang dampak penggunaan zat terhadap kesehatan, kinerja kerja, dan keselamatan di tempat kerja, perusahaan dapat mendukung kebijakan tempat kerja bebas narkoba. Jelaskan pentingnya perusahaan memperhatikan kesejahteraan karyawannya, keluarga mereka, dan komunitas tempat mereka tinggal. Risiko penggunaan zat dan manfaat tidak menggunakan zat harus dibuat sangat jelas dalam program pendidikan karyawan.

Referensi:

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804-812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155

Candrawardhani, S. (2022). 7 Contoh Pelatihan dan Pengembangan SDM + Manfaat Bagi Perusahaan. Kita Lulus. Diakses dari:

https://www.kitalulus.com/bisnis/pelatihan-dan-pengembangan-sdm

Mangkunegara, A. A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutaqin, A. Z. (2023). Pelatihan dan Pengembangan SDM. HEXs Indonesia. Diakses dari:

https://highlandexperience.co.id/pengertian-pelatihan-pengembangan-sdm

Operiano, E. (2022). 10 HR Training Topics. Edapp by Safety Culture. Diakses dari: https://www.edapp.com/blog/hr-training-topics/

Sikula, A. F. (2017). Sistem Manajemen Kinerja, Edisi Terjemahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.